Berkata Jujur

Kata-kata orang jujur sama baiknya dengan surat jaminannya.
Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak? (Yakobus 5:12)


Mantan presiden Baylor University, Rufus C. Burleson, pernah mengatakan, "Betapa seringnya saya mendengar ayah saya mengisahkan dengan kata-kata penuh penghargaan kejujuran sahabat lamanya Kolonel Ben Sherrod.

Ketika ia terancam bangkrut serta melarat dalam usia tua dan terikat hutang sebesar $850.000, seorang pengacara tak bermartabat berkata kepadanya, 'Kolonel Sherrod, Anda hancur tak berdaya, namun jika Anda bersedia memberi saya $5.000 sebagai biaya kesaksian, saya dapat mengupayakan suatu kekurangan teknis dalam urusan Anda dan mengeluarkan Anda dari masalah tersebut.'

"Orangtua dari Alabama itu berkata, 'Usulan Anda menjijikkan. Saya menandatangani surat-surat itu dengan itikad baik, dan dolar terakhir akan dibayarkan jika kemurahan menggali kuburan saya dan membeli kain kafan saya.' la mengajak saya dan saudara saya Richard khusus untuk bertemu dengan orangtua yang tidak dapat disuap itu, dan wajah serta kata-katanya terukir dalam hati dan otak saya."

Orang-orang akan mengingat kita karena janji-janji yang kita tepati dan kejujuran kita, khususnya ketika kita sebenarnya dapat mengambil keuntungan dari tidak mengatakan yang sebenarnya. Karakter ucapan Anda merupakan aset terbesar Anda, dan kejujuran merupakan sifat terbaik Anda.

Sumber: Kisah-kisah Rohani Pembangkit Semangat untuk Pemimpin.

No comments:

Bacaan Lain :