Bermental Pemenang

Jangan pernah bermain untuk tidak kalah; bermainlah selalu untuk menang.
Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. (1 Korintus 15:57)

Kemenangan berturut-turut Dallas Cowboys pada Super Bowl tahun 1993 dan 1994 mungkin menutupi fakta bahwa Jimmy Johnson, mantan pelatih legendaris tim itu, mengetahui tentang kalah sama banyaknya dengan tentang menang.

Pada tahun 1989, musim pertamanya di Dallas, tim Johnson hanya menang sekali, dan kalah lima belas kali! Musim dengan kekalahan luar biasa ini hanya sedikit lebih buruk dan sedikit kurang memalukan daripada tahun pertamanya sebagai seorang pelatih bertahan SMU, ketika timnya menyelesaikan musim itu dengan 0-10.

Johnson berkata tentang musim pertama di Dallas itu, "Kami memiliki tim terburuk di NFL, tapi saya tidak akan menerima apa pun selain bermain dalam Super Bowl."

Johnson tetap bersikap positif. Bila seorang pelari belakang memegang bola, ia berteriak, "Lindungi bolanya," dan bukan "Jangan lepas." Kepada pemainnya yang berpeluang mencetak gol tiga angka ia berkata, "Ayo lakukan," bukannya "Jangan gagal."

Setelah sebuah kekalahan, ia akan menghabiskan waktu paska pertandingan dengan merencanakan kemenangan berikutnya, dan bukan menebak-nebak apa yang salah. The Cowboys merespons, dan menjadi lebih baik. Dibutuhkan empat musim, namun cincin Super Bowl melingkar di jari mereka. Mungkin Anda tidak menang dalam semua kontes yang Anda ikuti, namun orang yang bermain untuk menang selalu memiliki peluang yang lebih baik!

Sumber: Kisah-kisah Rohani Pembangkit Semangat untuk Pemimpin.

No comments:

Bacaan Lain :