Melakukan Hal yang Benar dengan Benar

Efisiensi adalah melakukan hal-hal dengan benar. Efektif adalah melakukan hal yang benar.
Haruslah engkau melakukan apa yang benar dan baik di mata Tuhan, supaya baik keadaanmu? (Ulangan 6:18)



Illinois dianggap sebagai salah satu negara bagian paling makmur di Amerika saat ini. Banyak yang menganggap bahwa sebuah tindakan yang diambil oleh Stephen Douglas merupakan asal mula kemakmuran tersebut.

Amerika dilanda depresi keuangan pada pertengahan tahun 1800-an, dan pemerintah negara-negara bagian mulai panik tentang kerugian-kerugian keuangan potensial mereka. Pennsylvania tidak mau membayar hutang-hutangnya, kendati saat itu Pennsylvania dianggap sebagai negara bagian yang kaya. Illinois, negara bagian yang miskin pada saat itu, merasa sah-sah saja jika mengambil langkah ini juga dalam menghadapi hutang-hutangnya.

Ketika Stephen Douglas mendengar kemungkinan ini, ia menentang gagasan tersebut dengan segenap kekuatannya. Walaupun saat itu ia sakit parah, ia bersikeras meminta agar ia dibawa di atas sebuah usungan ke tempatnya di lembaga pembuat undang-undang negara bagian. Bersandar dj punggungnya, ia membuat sebuah resolusi bersejarah: "Illinois bersikap jujur."

Mosinya menyentuh perasaan moralitas terdalam setiap anggota lembaga tersebut. Mosi itu diadopsi secara luar biasa. Praktek penyangkalan mengalami pukulan mematikan. Akibatnya Illinois harus menemukan cara baru untuk keluar dari keterpurukan keuangan - cara yang ternyata menghasilkan penanaman, pertumbuhan, dan akhirnya, kemakmuran.

Melakukan hal yang benar selalu ada pahalanya, biasanya tidak langsung, namun kelegaan sesaat dari solusi yang mudah tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan sukacita abadi dari memilih yang benar.

Sumber: Kisah-kisah Rohani Pembangkit Semangat untuk Pemimpin.

No comments:

Bacaan Lain :