Membuka Jalan Baru

Janganlah pergi ke mana suatu jalan menuju melainkan pergilah ke mana tidak ada jalan dan tinggalkanlah jejak.
Dan telingamu akan mendengar perkataan ini dari belakangmu: "Inilah jalan, berjalanlah mengikutinya? (Yesaya 30:21)


Seorang anak lelaki dulu begitu buruk rupa dan berpakaian begitu lusuh sehingga ia terus menerus diejek oleh teman-teman sekolahnya. la membaca untuk melarikan diri dari celaan mereka. Pada usia delapanbelas tahun, ia bekerja sebagai seorang tukang batu.

la memutuskan, bagaimanapun juga, bahwa ia tidak ingin menjadi seorang tukang batu, melainkan seorang dramawan. la membuka sebuah jalan baru dalam kehidupannya dan akhirnya diberi penghargaan oleh Ratu Elizabeth I dan dianugerahi tanda jasa oleh Raja James. la adalah Ben Johnson, salah satu dramawan paling cemerlang dalam sejarah Inggris.

Oliver Goldsmith adalah putra seorang pengkhotbah miskin. la dianggap sebagai seorang anak yang sensitif namun kurang waras. Kepala sekolahnya menjuluki dia, "anak yang bodoh dungu." la meraih gelar sarjana, namun lulus sebagai juru kunci di kelasnya. la ditolak untuk menjadi seorang pengkhotbah. la mencoba bidang hukum, dan sekali lagi ditolak. la meminjam satu setel pakaian untuk mengikuti ujian untuk menjadi seorang asisten di sebuah rumah sakit, namun gagal juga.

la hidup dalam kemiskinan, sering sakit, dan bahkan pemah menggadaikan pakaiannya agar bisa membeli makanan. Satu-satunya yang ingin ia lakukan lebih daripada segalanya adalah menulis. Jadi ia membuka jalan baru. Pada akhirnya, ia melesat meninggalkan masa lalunya dan menjadi sejajar dengan para penulis terbesar sepanjang masa.

Kadangkala sebuah jalan akan terbuka lebar bagi Anda. Namun kadangkala, Anda harus membukanya sendiri!

Sumber: Kisah-kisah Rohani Pembangkit Semangat untuk Pemimpin.

No comments:

Bacaan Lain :