Pastikan Keberatan Anda Bermanfaat

Tidak ada yang akan diupayakan jika semua keberatan yang mungkin ada harus diatasi terlebih dahulu.
Berkatalah si pemalas: "Ada singa di jalan! Ada singa di lorong!" (Amsal 26:13)


Arsitek terkenal, Sir Christopher Wren, pernah membuat sebuah kubah gereja besar yang begitu unik sehingga pesaing-pesaingnya menjadi sangat iri. Mereka memunculkan suatu kegemparan sehingga orang-orang berwenang yang bertanggungjawab atas bangunan itu bersikeras bahwa Wren harus menambahkan dua pilar penyangga untuk mencegah kubah itu rubuh.

Wren menjelaskan kekuatan desainnya dan berusaha sebaik-baiknya untuk meyakinkan para pejabat bahwa kubah itu tidak akan rubuh. Bagaimanapun juga, lawan-lawannya menang. Wren menambahkan pilar-pilar itu, bertentangan dengan kehendaknya.

Lima puluh tahun kemudian, kubah itu perlu dicat ulang. Para pekerja membuat sebuah perancah untuk mencapainya, dan mereka menemukan sesuatu yang menakjubkan. Kedua pilar yang telah ditambahkan tadi tidak menyentuh langit-langit sama sekali.

Pilar-pilar itu lebih pendek dua kaki! Pihak berwenang hanya melihat pilar-pilar itu dari lantai dasar, sehingga mereka berasumsi bahwa kedua pilar itu mencapai langit-langit. Pilar-pilar itu berdiri bebas dan tidak menyangga apa pun. Wren membuktikan bahwa ia benar!

Rintangan-rintangan dan kendala-kendala yang kita letakkan di jalan kita dan di jalan orang-orang lain seringkali sama tak bergunanya dengan pilar-pilar palsu Wren. Yakinlah bahwa keberatan-keberatan Anda bermanfaat, sebelum menuntut seseorang menjawabnya!

Sumber: Kisah-kisah Rohani Pembangkit Semangat untuk Pemimpin.

No comments:

Bacaan Lain :