Keadaan Bukanlah Rintangan

Tak seorangpun akan memperbaiki nasib Anda, kalau Anda sendiri tidak melakukannya.
Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah… (2 Timotius 2:15)


Bertahun-tahun silam, di Monterey, California, timbul suatu krisis. Monterey selama ini merupakan firdaus bagi burung pelikan. Setelah membersihkan ikan-ikan mereka, para nelayan setempat melemparkan isi perut ikan-ikan tersebut kepada pelikan-pelikan itu. Burung-burung itu segera menjadi gemuk dan malas.

Akhirnya, ditemukan suatu pasaran baru yang dapat menggunakan isi perut ikan secara komersial. Pelikan-pelikan itu tidak lagi memperoleh makanan gratis. Namun, burung-burung tersebut tidak berupaya mencari ikan sendiri.

Mereka hanya menunggu, dan menunggu, uluran-uluran tangan yang tak kunjung tiba. Banyak yang mati kelaparan. Tampaknya pelikan-pelikan itu sudah lupa bagaimana caranya memancing sendiri.

Pendekatan sebaliknya diambil oleh seorang wanita tua yang sedang menunggu sebuah bis. la pincang karena rematik dan kepayahan karena banyak bawaan berat. Ketika pintu bis terbuka, seorang pria menawarkan diri untuk membantu.

Wanita itu tersenyum dan menggelengkan kepalanya. "Akan kulakukan sendiri," katanya. "Kalau aku mendapat bantuan hari ini, aku akan menginginkannya lagi besok."

George Bernard Shaw pernah berujar, "Orang-orang selalu menyalahkan keadaan mereka atas apa adanya mereka. Saya tidak percaya pada keadaan. Orang-orang yang berhasil di dunia ini adalah orang-orang yang bangkit dan mencari keadaan yang mereka inginkan, dan jika mereka tidak mendapatkannya, mereka membuatnya."

Sumber: Kisah-kisah Rohani Pembangkit Semangat untuk Pemimpin.

No comments:

Bacaan Lain :