Melayani Tuhan

Harapkanlah hal-hal besar dari Tuhan. Upayakanlah hal-hal besar untuk Tuhan.
"Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu. Sebab aku pergi kepada Bapa." (Yohanes 14:12)


Apakah Tuhan menyuruhnya tinggal di London dan bukannya pergi ke Cina? Thomas Barnardo datang ke London untuk menjalani pelatihan misionari, namun malah bertemu dengan seorang anak berusia sepuluh tahun yang menunjukkan padanya sebuah bubungan atap di mana sebelas anak lelaki tunawisma sedang tidur. Hati Barnardo tersentuh. la mulai mencari pondokan sementara untuk anak-anak itu.

Tur-tur tengah malam lainnya di daerah tersebut mengungkapkan lebih banyak lagi anak-anak muda tunawisma, sebanyak 73 orang dalam satu malam. Cina harus menunggu. Tuhan telah memberinya London. Barnardo menjual kira-kira 30.000 salinan Kitab Suci di penginapan-penginapan dan pasar-pasar untuk mengumpulkan uang untuk pekerjaannya di antara anak-anak. la acapkali ditolak karena membela mereka, bahkan mengalami cedera fisik.

Dalam satu serangan, dua tulangnya patah. Ketika suatu wabah kolera melanda London pada tahun 1866, ia dan lain-lainnya bekerja tanpa mengenal lelah, namun melihat ribuan orang mati. Akhirnya ia membuka sebuah "Home for Destitute Boys" (panti bagi Pemuda-pemuda Miskin) dan belakangan, sebuah "Village for Girls" (Desa bagi Gadis-gadis). Selama beberapa dekade berikutnya, ia membangun sejumlah panti dan desa yang merawat sekitar 60.000 anak terbuang.

Hasrat misionari Barnardo dikerjakannya dengan menjadi "The Father of Nobody's Children" (Bapa dari Bukan Anak Siapa-siapa). Dan dengan bahagia ia hidup cukup lama untuk melihat tujuh puluh dari anak-anak muda yang ia selamatkan membawa Injil ke negara-negara asing!

Sumber: Kisah-kisah Rohani Pembangkit Semangat untuk Pemimpin.

No comments:

Bacaan Lain :